Kamis, 10 Desember 2009

MAU BERINTERNET ? (untuk yang awam)

Kata Internet berasal dari kependekkan ‘inter-network’

Inter = antar
Network = jaringan

Kemudian disederhanakan menjadi INTER-NET yang artinya antar jaringan

Banyak artikel-artikel yang menuliskan tentang sejarah atau asal muasalnya lahirnya internet ke seluruh dunia sampai ke Indonesia, saya agak males bacanya dan males ngambil kesimpulan di artikel-artikel tersebut karena sangat panjang sejarahnya dan banyak istilah-istilah yang saya tidak mengerti, jadi kita ambil sederhananya aja.

Berinternet berarti kita membuka diri untuk melihat segala informasi yang tersedia di sana dari informasi yang bersifat positif sampai dengan informasi yang negatif, dari informasi bisnis sampai informasi sejarah, semua informasi yang kita butuhkan relatif dapat ditemukan di internet, semua informasi tersebut dapat kita peroleh dari seluruh dunia.

Internet itu ibarat dunia transisi antara dunia nyata dengan dunia tidak nyata.

Ciri-ciri dunia nyata :
- objectnya dapat dilihat, disentuh, dirasakan

Ciri ciri dunia tidak nyata:
- objectnya tidak dapat dilihat, disentuh tapi bisa dirasakan

Object di Internet itu bisa dilihat gambarnya di layar monitor, tidak bisa disentuh dan tidak bisa dirasakan, makanya internet juga biasa disebut dunia maya (antara nyata dan tidak nyata).

Contoh :
Somad melihat gambar istrinya di internet, dia hanya bisa melihat gambar dari istrinya tersebut, apabila dia menyentuh gambar istrinya tersebut maka yang disentuh adalah layar monitornya jadi gambarnya sendiri tidak tersentuh (kecuali di cetak), dan somad tidak bisa merasakan betapa halus kulit istrinya tersebut, namun yang dia rasakan hanya halusnya layar monitor yang dia sentuh.

Berbeda apabila Somad dihadapkan dengan istrinya secara nyata, dia bisa melihat secara live (langsung), dan dia bisa menyentuh istrinya dan bisa merasakan halusnya kulit istrinya.....prikitiw, makanya..nikah....nikah....he..he...

Sebagian besar orang yang masuk ke dunia internet dia sudah bersedia informasi dirinya diketahui orang seluruh dunia.

Apakah anda siap berinternet ?
Kalau anda siap berarti anda siap melihat segala informasi tersebut dan siap diri anda diketahui orang lain.

Lalu apa yang kita siapkan untuk berinternet ?

A. komputer atawe Laptop, jenisnya apa aja yang penting bisa dipake internet, jgn lupa harus ada Slot USB-nya kayak gambar dibawah (1. slot usb, 2. slot microphone, 3. slot headset/speaker, 4. slot usb) .









(gambar ini bukan bermaksud untuk promosi hanya untuk contoh kasus dari artikel yang saya tulis.)

B. Modem, adalah alat penghubung ke dunia internet, disini yang ditulis hanya modem broadband. Saat ini modem yang beredar di pasaran adalah modem jenis USB, Banyak Operator telepon di Indonesia menyediakan paket USB Modem + biaya online yang bersaing, dari banyak jenis modem yang beredar dipasaran, intinya modem broadband ini terbagi dua type yaitu GSM dan CDMA, silahkan pilih sesuai selera anda.


Jenis-jenis modem GSM:










Jenis-jenis modem CDMA :












Semua tipe modem diatas biasanya menggunakan kartu Ruim seperti Handphone yang biasa kita pakai, biasanya dijual satu paket pada saat kita beli modem tersebut.


C. Speaker / headset
Speaker biasanya digunakan untuk mendengarkan suara-suara yang dihasilkan lewat komputer yang sedang kita gunakan, di dunia internet juga ada banyak tampilan-tampilan gambar, music, game atau video yang menghasilkan suara, jadi speaker sangat perlu jika kita ingin mendengar suara-suara tersebut.

Jenis-jenis speaker :




D. Microphone, digunakan untuk berbicara di komputer melalui internet, jenis-jenis microphone bisa dicari di tempat-tempat accessories komputer.





ada beberapa layanan berbicara gratis di internet salah satunya di Yahoo Mesengger, kita bisa nelepon gratis ke seluruh dunia lewat layanan ini asalkan terkoneksi ke intenet.

Banyak hal-hal baru yang bisa kita dapatkan di internet, tapi hati-hati…jangan masuk ke dunia Pornografi…berbahaya….dia seperti virus yang masuk ke dalam sel-sel darah kita, kita akan dibuat haus dan penasaran. Jauhi atau anda yang berikutnya….he…he…
ditulis oleh rustam 11 Desember 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar